Jumat, 07 November 2014

Koperasi Dalam Pasar Oligopoli


Pengertian Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaaan (penjual) yang menguasai pasar, baik secara independen (sendiri-sendiri) maupun secara diam-diam bekerja sama. Oleh karena perusahaan dalam pasar hanya sedikit maka akan selalu ada rintangan untuk memasuki pasar. 
 
Banyak koperasi di pasar-pasar lokal yang telah berintegrasi vertikal atau pasar-pasar yang lebih besar dimana perusahaan-perusahaan yang telah mapan masih sangat terbatas. Hal ini menunjukan koperasi berada distruktur pasar oligopoli, yaitu struktur pasar yang hanya terdapat beberapa penjual yang menyebabkan kegiatan penjual yang satu mempunyai peranan penting bagi penjual yang lain.  Integrasi vertikal yang dilakukan oleh perusahaan koperasi selain untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, juga untuk menghindari persaingan yang ketat antarpenjual. 


Persaingan diantara beberapa penjual (oligopoli) akan berbeda dengan persiangan diantara banyak penjual (persaingan sempurena dan persaingan monopolistik), sebab keterbatasan jumlah penjual akan mengakibatkan kesalingtergantungan antar penjual satu dengan lainnya, sehingga setiap keputusan dari masing-masing penjual akan sangat tergantung dari keputusan-keputusan penjual lainnya.



Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

1.Terdapat beberapa penjual/produksen yang menguasai pasar

2.Barang yang diperdagangkan homogeny

3.Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk dalam pasar

4.Satu diantara para oligopolies merupakan price leader

5.Barang- barang dihasilkan  Adapun barang- barang yang dihasilkan oleh pasar oligopoli antara lain :

a. Barang standar, banyak dijumpai pada industri oligopoli yang menghasilkan bahan mentah (misal aluminium) dan bahan baku (misal semen, bahan bangunan)

b. Barang berbeda corak (differentiated product), pada umumnya dijumpai pada industri yang menghasilkan barang akhir (rokok, shampo)




Kelebihan Pasar Oligopoli

1. Terdapat sedikit pemjual karena memerlukan investasi besar

2. Penjual sedikit sehingga dapat mengendalikan harga

3. Bila terjadi persaingan harga, konsumen diuntungkan



Kelemahan Pasar Oligopoli

1. Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi

2. Akan terjadi perang harga

3. Produsen bisa kerjasama ( Kartel )

Kartel adalah suatu perjanjian resmi diantara beberapa perusahaan dalam oligopoli. Perjanjian tersebut menetapkan harga yang akan dibebankan seluruh perusahaan dan sering menetapkan kuota atau pangsa pasar dari berbagai perusahaan. Kartel adalah ilegal di sebagian besar negara-negara dunia. OPEC adalah contoh utama dari kartel. Dia timbul karena dia berada diluar pengendalian suatu negara individual



Sifat-sifat pasar oligopoli :
– Harga produk yang dijual relatif sama
– Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
– Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
– Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain



Referensi

2 komentar:

  1. terimakasih atas makalahnya, semoga bermanfaat bagi sesama. semoga tuhan memberkatimu, wasalam

    BalasHapus