Pengertian Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaaan (penjual) yang menguasai pasar, baik secara independen (sendiri-sendiri) maupun secara diam-diam bekerja sama. Oleh karena perusahaan dalam pasar hanya sedikit maka akan selalu ada rintangan untuk memasuki pasar.
Banyak koperasi di
pasar-pasar lokal yang telah berintegrasi vertikal atau pasar-pasar yang lebih
besar dimana perusahaan-perusahaan yang telah mapan masih sangat terbatas. Hal ini
menunjukan koperasi berada distruktur pasar oligopoli, yaitu struktur pasar
yang hanya terdapat beberapa penjual yang menyebabkan kegiatan penjual yang
satu mempunyai peranan penting bagi penjual yang lain. Integrasi vertikal yang dilakukan oleh
perusahaan koperasi selain untuk meningkatkan efisiensi perusahaan, juga untuk
menghindari persaingan yang ketat antarpenjual.
Persaingan diantara
beberapa penjual (oligopoli) akan berbeda dengan persiangan diantara banyak
penjual (persaingan sempurena dan persaingan monopolistik), sebab keterbatasan
jumlah penjual akan mengakibatkan kesalingtergantungan antar penjual satu
dengan lainnya, sehingga setiap keputusan dari masing-masing penjual akan
sangat tergantung dari keputusan-keputusan penjual lainnya.
Ciri-Ciri Pasar Oligopoli
1.Terdapat beberapa
penjual/produksen yang menguasai pasar
2.Barang yang diperdagangkan
homogeny
3.Terdapat hambatan masuk yang
cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk dalam pasar
4.Satu diantara para oligopolies
merupakan price leader
5.Barang- barang
dihasilkan Adapun barang- barang yang dihasilkan oleh pasar oligopoli
antara lain :
a. Barang standar, banyak dijumpai pada industri oligopoli yang menghasilkan
bahan mentah (misal aluminium) dan bahan baku (misal
semen, bahan bangunan)
b. Barang berbeda corak (differentiated product), pada umumnya dijumpai pada
industri yang menghasilkan barang akhir (rokok, shampo)
Kelebihan Pasar Oligopoli
1. Terdapat sedikit pemjual
karena memerlukan investasi besar
2. Penjual sedikit sehingga dapat
mengendalikan harga
3. Bila terjadi persaingan harga,
konsumen diuntungkan
Kelemahan Pasar Oligopoli
1. Terdapat rintangan yang kuat
untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
2. Akan terjadi perang harga
3. Produsen bisa kerjasama (
Kartel )
Kartel adalah suatu perjanjian
resmi diantara beberapa perusahaan dalam oligopoli. Perjanjian tersebut
menetapkan harga yang akan dibebankan seluruh perusahaan dan sering menetapkan
kuota atau pangsa pasar dari berbagai perusahaan. Kartel adalah ilegal di sebagian
besar negara-negara dunia. OPEC adalah contoh utama dari kartel. Dia timbul
karena dia berada diluar pengendalian suatu negara individual
Sifat-sifat pasar
oligopoli :
– Harga produk yang dijual relatif sama
– Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
– Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
– Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain
– Harga produk yang dijual relatif sama
– Pembedaan produk yang unggul merupakan kunci sukses
– Sulit masuk ke pasar karena butuh sumber daya yang besar
– Perubahan harga akan diikuti perusahaan lain
Referensi
terimakasih atas makalahnya, semoga bermanfaat bagi sesama. semoga tuhan memberkatimu, wasalam
BalasHapussama-sama. Tuhan memberkati mu juga :)
Hapus